PEMILIHAN KETUA HM S-1 PETERNAKAN UNDIP 2013


Pemilihan Ketua HM S-1 Peternakan 2013 diselenggarakan di Aula FPP secara musyawarah mufakat pada hari Minggu, tanggal 13 Januari 2013. Calon ketua HM S-1 Peternakan 2013 yaitu Fatma Desy Lasatri dan Risda  Amelia Putri Nasution. Pemilihan tersebut dihadiri oleh para perwakilan kelas dan UPK. Tidak semua perwakilan kelas dapat menghadiri acara tersebut. Mengingat acara tersebut dilaksanakan pada waktu liburan dan hujan deras menjadi alasan yang masuk akal jika ada peserta yang tidak hadir. Bagi para peserta yang sedang menuju ke Aula tetapi terjebak hujan masih dapat mengikuti acara tersebut dengan tolerasi 15 menit dari waktu yang telah ditentukan. Sekitar pukul 09.00 WIB, acara pun dimulai.
Susunan acara tersebut terdiri atas pembukaan, sambutan dari ketua HM S-1 Peternakan 2012, pembacaan aturan dari presidium, pembacaan visi dan misi dari kedua calon, sesi pertanyaan, sesi pemungutan suara, pemberitahuan hasil musyawarah, dan terakhir penutup.
Dengan dibuka oleh moderator, acara pun segera dimulai. Presidium mengajukan beberapa peraturan kemudian disetujui dan disepakati oleh para peserta. Namun, ada beberapa peraturan yang kurang sesuai. Sehingga salah seorang peserta mengajukan interupsi ketika presidium membacakan aturan/ tatacara pelaksanaan musyawarah tersebut. Interupsi pun di setujui dan disepakati oleh para peserta. Menurut aturan sidang, Peserta dalam musyawarah tersebut terbagi menjadi dua gologan yaitu peserta tetap dan peserta tidak tetap. Peserta tetap yaitu perwakilan masing-masing kelas dengan jumlah maksimal perwakilan dua orang dan peserta tidak tetap yaitu peserta yang berasal dari perwakilan kelas yang lebih dari dua orang dan para tamu undangan dari setiap UPK. Peserta tetap memiliki hak suara, dan bertanya sedangkan peserta tidak tetap hanya memiliki hak untuk mengajukan pertanyaan saja. Untuk peserta yang hendak bertanya, pertanyaan dibatasi hanya tiga pertanyaan saja untuk satu orang penanya.  Suasanan menjadi agak runyam ketika ada perwakilan kelas melebihi jumlah perwakilan yang telah disepakati bersama yaitu dari kelas B angaktan 2012. Presidium memberikan pilihan siapa saja yang akan menjadi wakil dari kelas tersebut dan salah satu diantaranya dipersilakan meninggalkan ruangan tersebut. Para peserta pun berkomentar bahwa perwakilan kelas yang lebih dari jumlah yang telah disepakati dapat menjadi peserta tidak tetap. Komentar tersebut diperjelas oleh ketua HM S-1 peternakan yaitu Btara Pramu Aji.
Acara tersebut berlangsung dengan baik karena hampir semua peserta tetap mengajukan pertanyaan. Pertanyaan yang cukup berat itu dijawab oleh calon ketua HM S-1 Peternakan dengan bijak. Mereka mengakui kesalahan-kesalahan yang pernah mereka lakukan saat melaksanakan tugas di HM S-1 Peternakan.
Dua peserta tetap, berasal dari angkatan 2011 berhasil merilekskan suasana tersebut dengan tingkah yang aneh mereka. Dua orang tersebut melemparkan dua  kertas yang di buat menyerupai bola kecil lalu di lemparkan kepada kedua calon ketua HM S-1 Peternakan. Semua peserta dibuatnya bingung akan tindakan konyol mereka. Bukan hanya peserta, bahkan para calon ketua HM dan presidium pun merasa heran. Para calon ketua mengikuti apa yang diperintahkan oleh dua orang tersebut. Belum sempat menjelaskan tujuan dari tindakan yang dilakukan, kedua peserta tetap tersebut menyuruh para calon ketua HM S-1 untuk memindahkan kedua kursi yang mereka duduki ke belakang. Perintah tersebut membuat salah seolah calon ketua HM S-1 terlihat geram. Beliau pun mengingatkan kembali tentang aturan acara bahwa dalam keberlangsungan acara tersebut diatur oleh pemimpin sidang atau presidium. Atas bantuan dari ketua HM S-1 Peternakan 2012, sidang pun kembali berlangsung. Tindakan melempar gumpalan kertas tersebut merupakan tes psikologi untuk mengetahui cara/ tindakan apa yang akan dilakukan oleh kedua calon ketua HM tersebut dalam memecahkan kondisi yang sedang mereka hadapi sekarang .
Acara sidang diistirahatkan sampai pukul 13.30 WIB. Semua peserta kembali pada posisi semula setelah memasuki waktu dimulai kembalinya acara tersebut. Kini acara kembali tegang, dimana semua peserta mengajukan pertanyaan lebih sulit dan lebih berbobot daripada pertanyaan-pertanyaan sebelumnya. Tak jarang, komentar pedas pun keluar dari mulut para peserta atas kinerja para calon ketua HM S-1 peternakan tersebut. Usai sesi pertanyan, kini waktunya untuk memasuki sesi pemungutan suara. Suara dari dua perwakilan kelas dipertimbangkan secara musyawarah, kemudian di ambil yang terbaik. Dari sekian suara perwakilan kelas, akhirnya didapatkan kesepakatan yaitu Risda Amelia Putri Nasution sebagai Ketua HM S-1 Peternakan 2013.

Comments

Popular posts from this blog

Fakta dengan Konteks

Istiqomah menjadi seorang istri

Kebohongan Pertama